DLH Kota Pontianak

3. Operasi Simpatik Kendaraan Wajib Menyediakan Tempat Sampah (Senin, 20 Februari 2017) Keesokan harinya, Dinas Perhubungan Kota Pontianak akan melaksanakan Operasi Simpatik di beberapa titik lokasi. Adapun yang akan menjadi target operasi nantinya adalah para pengendara roda empat yang memiliki tong sampah. Setiap kendaraan yang memiliki tong sampah akan langsung diberikan stiker khusus.
4. Edukasi Sekolah dalam Pengembangan Eco-School (Selasa, 21 Februari 2017) Dalam gerakan Pontianak Bebas Sampah 2020 ini, akan disosialisasikan mengenai program pemberdayaan Gerakan Pungut Sampah Yok di lokasi sekolah maupun kantor. Akan ada beberapa sekolah maupun kantor yang akan ditunjuk menjadi percontohan sekolah peduli sampah/lingkungan. Selain itu, rencananya di tiap-tiap sekolah percontohan tersebut akan dibentuk bank sampah dimana mekanisme pembentukan dan proses aktivitasnya mengadopsi dari Bank Sampah Rosella.

5. Edukasi Pemilik Ruko untuk Penyediaan Tempat Sampah Terpilah (Sabtu, 25 Februari 2017)

Mengirim surat edaran ke pemilik toko untuk penyediaan tempat sampah terpilah. Setelah batas waktu yang diberikan, langsung akan ditindaklanjuti oleh Satpol PP. Pemilik ruko yang telah menyediakan tempat sampah akan langsung diberikan stiker khusus.

6. Diet Tas Kresek (Minggu, 26 Februari 2017)

Rencananya beberapa pasar tradisional di Kota Pontianak akan menjadi target program kegiatan ini. Selain akan dilakukan evaluasi mengenai penerapan diet tas kresek tahun sebelumnya, nantinya juga akan dilakukan distribusi tas ramah lingkungan yang akan didistribusikan serta mengupayakan untuk mengganti penggunaan kantong kresek dengan karung beras.
7. Aksi Sayang Pohon Kote (Minggu, 26 Februari 2017)

Reklame-reklame yang terpasang di batang-batang pohon akan langsung dicabut dan dibersihkan dalam operasi kegiatan ini.

8. Seminar Angkut’s Mulung’s (Minggu, 26 Februari 2017)

Angkuts adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa angkutan maupun logistik dengan mengedepankan kemudahan bagi pelanggan dan memfokuskan pada pemanfaatan teknologi. Angkut sampah, kamu dituntut untuk mengumpulkan sampah anorganik meliputi botol plastik, air mineral gelas, kertas HVS, koran, kardus, dan kaleng aluminium. Sampah itu kemudian angkuts beli dari anda dan selanjutnya akan dimanfaatkan. Kumpulkan sampah, pilah sampahnya dan dapat uang.