Uji Profisiensi Laboratorium 2019

Pontianak - Uji profisiensi adalah salah satu metode yang dilaksanakan untuk mengetahui unjuk kerja laboratorium dengan cara uji banding antar laboratorium.

Uji profisiensi dilaksanakan setiap tahun oleh Laboratorium Lingkungan DLH Kota Pontianak sebagai salah satu upaya memenuhi persyaratan kompetensi laboratorium sesuai SNI ISO/IEC 17025 : 2017 tentang Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. Untuk tahun 2019, Laboratorium Lingkungan DLH Kota Pontianak mengikuti uji profisiensi yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian Pengembangan  dan Inovasi Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium (P3KLL) KLHK dengan ruang lingkup pengujian parameter kualitas lingkungan berdasarkan baku mutu sesuai peraturan perundangan lingkungan hidup.

Pelaksanaan pengujian sampel dilakukan pada tanggal 2 sampai 4 Desember 2019 dan hasil evaluasi uji profisiensi diterima pada tanggal 24 Juni 2020.

Hasil evaluasi dibagi dalam 3 kategori yaitu : MEMUASKAN, KURANG MEMUASKAN dan TIDAK MEMUASKAN

Berdasarkan hasil evaluasi oleh P3KLL KLHK, laboratorium lingkungan DLH Kota Pontianak hasil uji profisiensi dengan parameter yang diikuti (Parameter COD) menunjukkan hasil evalusi kategori MEMUASKAN

==s@n@==