Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 20 Februari , Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) menunjuk Labuan Bajo, Kabupaten Mnggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagai Lokasi Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ). Penujukan Labuan Bajo sebagai Lokasi HPSN ini juga bagian dari persiapan Kabupaten Manggarai Barat yang telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Lokasi kegiatan KTT G 20.

HPSN 2020 sekaligus untuk mengenang Peristiwa Longsor yang terjadi pada tanggal 21 Februari 2005 di tempat pembuangan akhir ( TPA ) sampah Leuwi Gajah, Jawa Barat.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak  menggelar Puncak acara Hari Peduli Sampah Nasional  ( HPSN ) Tahun 2020 , Kegiatan dilaksanakan di Taman Alun Kapuas      Jln. Rahadi Oesman Kota Pontianak, Sabtu  (07/03/2020).

Kegiatan ini merupaka upaya dalam menunjang agenda pemenuhan tujuan Pembangunan Tahun 2025 Indonesia Bebas Sampah, dalam pelaksanaa kegiatan ini  selain di hadiri langsung Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, juga melibatkan berbagai pihak mulai dari OPD, Individu, Komunitas dan Dunia Usaha, serta berbagai aktivitas pengolahan sampah dan upaya lainya dalam pengurangan sampah.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak Tinorma Butar Butar SH, melaporkan HPSN 2020 untuk membangun kesadaran bersama membangun pengelolaan sampah mulai dari sumbernya, kemudian meningkatkan sinergisitas antara masyarakat dan pemerintah.

HPSN sediri merupakan momentum yang sangat berharga dalam membangun kesadaran untuk menyelesaikan persoalan sampah yang sangat pelik dan kompleks, HPSN menjadi sangat strategis setiap tahun oleh semua elemen bangsa di seluruh tanah air. Momentum HPSN untuk Gerakan Indonesia Bersih, menjadi sangat penting untuk :

  • Memastikan langkah-langkah percepatan gerakan Indonesia besih, sesuai kebijakan sektor dan kebijakan daerah
  • Mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target sasaran Nasional pencapaian Gerakan Indonesia Bersih

Mensinergikan kebijakan sektor dalam upaya upaya  perbaikan sampah, melalui peningkatan fasilitas dan prasarana dan dalam mendorong partisipasi publik, mendorong fasilitas pemerintah daerah untuk kegiatan,gerakan dan dinamika masyarakat.