Selamat Hari Bumi Sedunia

Hari BUMI adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan di peringati secara Internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yaang ditinggali Manusia ini yaitu BUMI. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada Tahun 1970 seorang pengajar Lingkungan Hidup. Ada yang berbeda dengan peringatan Hari Bumi tahun ini, orang tak merayakan dengan berkumpul atau melakukan berbagai aksi. Pandemi Covid 19 ini mengharuskan setiap orang untuk menjaga jarak aman, membatasi aktivitas hingga melakukan penguncian wilayah ( Lackdown ) demi mengerem laju penyebaran Virus Covid 19.

Hari Bumi Tahun 2020 ini dijadikan momentum setiap negara untuk mewujudkan Bumi berketahanan dari perubahan Iklim termasuk Indonesia dengan situasi pandemi Covid 19 saat ini. Menurut Direktur Jendral Pengendalian Perubahan Iklim    ( PPI ) Kemetrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) Ruandha Agung S dilansir Antara, Rabu ( 22 April 2020 )

“ Untuk Indonesia perlu kita meningkatkan upaya mengintegrasikan pemikiran kita, rencana dan tindakan untuk membangun ketahanan ekonomi,sosial, sumber kehidupan serta ketahanan ekosistem dan lingkungan “.

Peringatan Hari Bumi 2020 bertajuk “Bumi Hari Ini, Bumi Esok Hari”  memiliki makna manusia menuju tatanan baru melalui Climate action  dapat menginformasikan strategi dan implementasi pengelolaan perubahan iklim.

Dengan pendemi Covid 19 ini sejumlah negara termasuk Indonesia menetapkan karantina wilayah,tepatnya Pembatasan Sosial Berskala Sosial ( PSBB ), dimana kebijakan PSBB ini selain untuk menekan penyebaran Covid 19 adalah menurunnya Polusi Udara.

RLPK / Aa